Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 7

Ydt 7:1 Keesokan harinya Holofernes memerintahkan kepada seluruh bala tentaranya dan kepada kaum yang menyertainya sebagai bala bantuan, supaya berangkat menuju Betulia, lalu menduduki jalan-jalan yang naik ke pegunungan dan bertempur dengan orang Israel.

Ydt 7:2 Pada hari itu juga berangkatlah sekalian orang bala tentaranya. Adapun kekuatan bala tentaranya itu adalah seratus dua puluh ribu orang pasukan jalan dan dua belas ribu orang pasukan berkuda, belum lagi terhitung semua barang dan orang yang menyertai mereka, suatu jumlah yang besar sekali.

Ydt 7:3 Bersaranglah mereka di lembah di dekat Betulia pada sumber itu. Mereka melebar dari dekat Dotaim sampai Belbaim dan memanjang dari Betulia sampai Kuamon yang letaknya berhadapan dengan Esdrelon.

Ydt 7:4 Melihat jumlah orang itu orang Israel sangat terperanjat, lalu berkatalah mereka satu sama lain: "Kini mereka akan menjilat seluruh permukaan negeri ini dan baik gunung-gunung yang tinggi maupun jurang-jurang dan bukit-bukit tidak akan dapat menanggung beban mereka."

Ydt 7:5 Lalu masing-masing mengambil perlengkapan perangnya dan dipasanglah api unggun di atas menara-menara kotanya dan malam itu mereka berjaga.

Ydt 7:6 Pada hari kedua Holofernes membentangkan pasukan berkudanya di hadapan orang Israel yang ada di Betulia.

Ydt 7:7 Jalan-jalan yang naik ke kota diperiksanya, sumber-sumber diselidikinya, lalu didudukinya. Ditempatkannyalah regu-regu prajurit di sana, sedangkan ia sendiri kembali kepada rakyatnya.

Ydt 7:8 Maka datanglah para pemuka bani Esau dan semua penguasa bangsa Moab dan para panglima dari daerah pantai menghadap Holofernes dan berkata kepadanya:

Ydt 7:9 "Sudilah junjungan mendengar perkataan ini, agar jangan terjadi bencana menimpa bala tentara tuanku.

Ydt 7:10 Sebab bangsa Israel ini tidak percaya pada tombak-tombaknya, melainkan pada tingginya gunung-gunung di mana mereka diam, karena tidak mudahlah mendaki puncak gunung-gunung mereka.

Ydt 7:11 Dari sebab itu junjungan jangan bertempur dengan mereka sebagaimana terjadi dalam pertempuran teratur. Niscaya dari bala tentara tuanku tiada seorangpun akan gugur.

Ydt 7:12 Hendaklah tuanku tinggal saja di perkemahan dan memelihara setiap lasykar dari bala tentara tuanku. Biarlah hamba-hamba tuanku ini menguasai sumber yang berpancar pada kaki gunung itu.

Ydt 7:13 Sebab dari situlah semua penduduk Betulia menimba airnya. Maka haus akan memaksa mereka untuk menyerahkan kotanya. Kami serta lasykar kami hendak mendaki puncak-puncak gunung yang terdekat dan berkemah di sana sebagai penjagaan, jangan sampai ada satu orangpun dapat keluar dari kota itu.

Ydt 7:14 Maka mereka akan merana karena lapar, mereka sendiri serta isteri dan anak-anak mereka. Sebelum didatangi pedang mereka sudah menggeletak di jalan-jalan tempat kediaman mereka.

Ydt 7:15 Dengan demikian tuanku akan dengan hebatnya membalas dendam kepada mereka, oleh karena mereka telah memberontak dan tidak mau menyambut tuanku dengan damai."

Ydt 7:16 Holofernes dan segala pejabatnya berkenan pada usul mereka itu. Maka diperintahkannya untuk berbuat sebagaimana telah dikatakan mereka.

Ydt 7:17 Lalu sepasukan bani Amon berangkat dan bersama dengan mereka juga lima ribu orang Asyur. Berkemahlah mereka di lembah dan didudukinya perairan serta sumber-sumber orang Israel.

Ydt 7:18 Bani Esau dan bani Amon lainnya mendaki pegunungan dan berkemah di situ berhadapan dengan kota Dotaim. Dari kalangan mereka dikirimkanlah sejumlah orang ke selatan dan ke timur ke tempat yang berhadapan dengan Egrebel di dekat Husa yang terletak di tepi anak sungai Mokhmur. Pasukan orang-orang Asyur lainnya berkemah di dataran dan seluruh permukaan negeri mereka tutupi. Kemah-kemah serta barang-barang mereka berkelompok-kelompok padat terserak-serak di sana.

Ydt 7:19 Orang Israel berseru kepada Tuhan, Allah mereka, sebab mereka tawar hati, karena segala musuhnya mengepung mereka dan tiada kemungkinan sedikitpun untuk lepas dari tengah mereka.

Ydt 7:20 Tiga puluh empat hari lamanya seluruh tentara Asyur, yakni pasukan jalan, kereta-kereta perang dan pasukan berkuda tinggal di keliling mereka. Maka semua tempayan penduduk Betulia kehabisan air

Ydt 7:21 dan sumur-sumur airpun menjadi kosong pula. Satu haripun mereka tidak dapat lagi minum sepuas-puasnya, sebab mereka diberi minum menurut takaran saja.

Ydt 7:22 Maka kanak-kanak mereka merentang jiwa, perempuan dan pemuda merana karena kehausan dan rebahlah mereka di jalan-jalan kota dan di ambang pintu gerbang. Tiada lagi tenaga pada mereka.

Ydt 7:23 Maka berkumpullah seluruh rakyat, baik pemuda maupun perempuan serta anak-anak, menghadap Uzia dan para pemimpin kota. Dengan suara nyaring berserulah mereka dan berkata di hadapan kaum tua-tua:

Ydt 7:24 "Moga-moga Allah menghakim antara kamu dan kami ini, bahwasanya kamu telah mendatangkan malapetaka besar atas diri kami karena tidak mau berunding tentang perdamaian dengan orang Asyur.

Ydt 7:25 Kini tiada penolong lagi bagi kita, melainkan Allah telah menyerahkan kita ke dalam tangan mereka, sehingga kita menggeletak di hadapan mereka karena kehausan, sampai kita binasa sama sekali.

Ydt 7:26 Hendaklah kamu sekarang memanggil mereka dan menyerahkan seluruh kota ini kepada lasykar Holofernes serta seluruh bala tentaranya untuk dirampasi.

Ydt 7:27 Lebih baiklah kita menjadi rampasan mereka. Memang kita akan menjadi budak, tetapi kita akan hidup terus dan tidak usah menyaksikan dengan mata kepala sendiri kematian kanak-kanak kita dan bagaimana isteri dan anak-anak kita kehilangan nyawanya.

Ydt 7:28 Kami bersumpah kepada kamu demi langit dan bumi dan demi Allah kita, Tuhan nenek moyang kita, yang menghukum kita sekedar segala dosa kita dan dosa nenek moyang kita, supaya Tuhan jangan berbuat pada hari ini menurut perkataan tadi."

Ydt 7:29 Maka terjadilah ratap tangis besar di tengah jemaah itu dan mereka serentak berseru kepada Tuhan Allah dengan suara nyaring.

Ydt 7:30 Lalu berkatalah Uzia kepada mereka: "Tetapkan hati, saudara-saudara! Hendaknya kita tahan lima hari lagi. Dalam waktu itu Tuhan Allah kita kiranya akan mengarahkan kasihan-Nya kepada kita. Niscaya kita tidak Ia tinggalkan untuk selama-lamanya.

Ydt 7:31 Jika hari-hari itu berlalu dengan tidak ada pertolongan datang, maka aku hendak berbuat sebagaimana telah saudara-saudara katakan."

Ydt 7:32 Kemudian himpunan rakyat dibubarkannya dan masing-masing pergi ke tempatnya serta naik ke atas tembok dan menara-menara kota, sedangkan perempuan dan anak disuruhnya pulang ke rumah. Di kota mereka sekalian dalam keadaan yang amat merana.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More