Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 16

Ydt 16:1 Kata Yudit: "Angkatlah nyanyian untuk Allah dengan iringan gendang, bernyanyilah bagi Tuhan dengan bunyi canang, gabungkanlah bagi-Nya mazmur dan kidung, tinggikanlah dan sebutkanlah nama-Nya.

Ydt 16:2 Sebab Allah penghancur alat-alat perang Dialah Tuhan; di tengah umat-Nya telah dipasang-Nya perkemahan-Nya untuk melepaskan aku dari para pengejarku.

Ydt 16:3 Datanglah Asyur dari pegunungan di sebelah utara, dengan puluhan ribu tentaranya ia telah datang; jumlahnya menyumbat sungai, dan bukit-bukit dibanjiri dengan kuda-kudanya.

Ydt 16:4 Berkatalah ia bahwa mau membakar wilayahku dan menumpas para pemudaku dengan pedang, membanting semua bayiku ke tanah dan membuat anak-anakku menjadi rampasan serta merampas anak-anak daraku.

Ydt 16:5 Tetapi mereka dicampakkan oleh Tuhan Yang Mahakuasa dengan perantaraan seorang perempuan.

Ydt 16:6 Sebab pahlawan mereka tidaklah jatuh karena kaum muda dan mereka tidak dihantam oleh anak-anak para perkasa; mereka tidak disergap oleh buta jangkung, dengan keelokan parasnya.

Ydt 16:7 Pakaian jandanya ditanggalkannya dengan maksud meninggikan mereka yang tertindas dari Israel; mukanya diolesnya dengan urapan

Ydt 16:8 dan rambutnya diikatnya dengan kulah-kulah; kain lenan dikenakannya untuk membujuk dia.

Ydt 16:9 Kasutnya memikat matanya hatinya terantaikan oleh kecantikannya lalu pedang menembusi tengkuknya.

Ydt 16:10 Orang Persia gentar karena keberanian Yudit, dan atas tekadnya orang Media terperanjat.

Ydt 16:11 Bersorak-sorailah kaum hina-dinaku, sedangkan para musuh ketakutan, bersorak-sorailah orang lemah, tetapi para musuh terperanjat; kaum hina-dina melambungkan suaranya, tetapi kagetlah para musuh.

Ydt 16:12 Mereka ditikam anak-anak perempuan muda dan ditusuk bagaikan budak yang lari; karena ikat perang Tuhanku mereka jatuh binasa.

Ydt 16:13 Bagi Allahku kuangkat nyanyian baru. Ya Tuhan, besarlah Engkau dan mulia mengagumkan dalam kekuatan dan tak terkalahkan.

Ydt 16:14 Kepada-Mu mengabdilah segala ciptaan, sebab Engkau berfirman, maka semuanya terjadi; Kaukirimkan roh-Mu yang lalu membangun, dan tiada sesuatupun yang melawan suara-Mu.

Ydt 16:15 Sebab gunung-gemunung serta sekalian air rebah dari atas alasnya, dan batu meluluh di hadapan-Mu bagaikan lilin. Tetapi semua orang yang takut kepada-Mu sangat Kaukasihani mereka.

Ydt 16:16 Memang setiap korban wangi-wangian terlalu kecil, dan lebih kecil lagi segala lemak yang dibakar bagi-Mu. Tetapi barangsiapa takut akan Tuhan besarlah ia selama-lamanya.

Ydt 16:17 Celakalah sekalian bangsa yang melawan bangsaku; pada hari penghukuman dihukumlah mereka oleh Tuhan Yang Mahakuasa. Didatangkan-Nya api dan ulat ke dalam daging mereka dan selama-lamanya mereka menangis kesakitan."

Ydt 16:18 Setibanya di Yerusalem mereka sujud menyembah kepada Allah. Setelah rakyat ditahirkan maka dipersembahkannya korban bakaran serta persembahan baktinya dan lagi sumbangan sukarela.

Ydt 16:19 Yuditpun menyampaikan pula segala perabot dari kemah Holofernes yang telah diberikan kepadanya oleh rakyat. Juga kelambu yang diambilnya sendiri dari ruang tidur itu dipersembahkannya kepada Allah sebagai sumbangan haram.

Ydt 16:20 Adapun rakyat bersukaria di Yerusalem di hadapan Bait Suci tiga bulan lamanya dan Yuditpun tetap tinggal serta mereka.

Ydt 16:21 Sesudahnya mereka pulang ke milik pusakanya masing-masing. tetap harum di seluruh negeri seumur hidupnya.

Ydt 16:22 Memang banyak orang meminang dia, tetapi ia tidak disentuh oleh seorang laki-laki lagi sepanjang masa hidupnya, semenjak Manasye, suaminya, meninggal dan dipersatukan dengan kaumnya.

Ydt 16:23 Yudit menjadi sangat tua dan menguban di dalam rumah suaminya sampai seratus lima tahun. Ia memberikan kebebasan kepada dayangnya. Ia meninggal di kota Betulia dan dikubur dalam dua kubur Manasye, suaminya.

Ydt 16:24 Tujuh hari lamanya keluarga Israel berkabung. Sebelum saudara suaminya Manasye dan kepada sanak saudaranya sendiri.

Ydt 16:25 Selanjutnya tiada seorangpun mengganggu Israel di masa

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More