Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 1

Ydt 1:1 Dalam tahun kedua belas pemerintahan Nebukadnezar yang menjadi raja orang-orang Asyur di Niniwe, kota yang besar. Pada zaman itu Arfaksad menjadi raja orang-orang Media di Ekbatana.

Ydt 1:2 Di keliling kota Ekbatana raja Arfaksad membangun sebuah tembok dari batu persegi yang besar, selebar tiga hasta dan sepanjang enam hasta. Tingginya tembok itu dibuatnya tujuh puluh hasta dan lebarnya lima puluh hasta.

Ydt 1:3 Di atas semua pintu gerbang kota itu didirikannya menara setinggi seratus hasta dan pada alasnya selebar enam puluh hasta.

Ydt 1:4 Tingginya pintu gerbang sendiri adalah tujuh puluh hasta dan lebarnya empat puluh hasta, supaya bala tentaranya serta barisan-barisan pasukan jalan dapat ke luar.

Ydt 1:5 Maka pada zaman itu raja Nebukadnezar bertempur dengan raja Arfaksad di dataran yang besar yang terletak di daerah Ragau.

Ydt 1:6 Semua penduduk pegunungan dan semua penduduk tepi sungai-sungai Efrat, Tigris dan Hidaspes dan juga penduduk dataran raja orang-orang Elumais, yaitu Ariokh, bergabung dengannya. Banyak bangsa menggabungkan diri dengan ikatan-ikatan perang orang Heleud.

Ydt 1:7 Adapun Nebukadnezar, raja orang-orang Asyur, mengirimkan utusan kepada semua penduduk negeri Persia dan segala penduduk daerah di sebelah barat, yakni kepada penduduk Kilikia, Damsyik, Libanon dan Antilibanon serta kepada semua orang yang mendiami pantai laut,

Ydt 1:8 kepada bangsa penghuni daerah Karmel, Gilead, Galilea Hulu dan dataran besar Esdrelon;

Ydt 1:9 kepada semua orang di daerah Samaria serta anak-anak kotanya; kepada penduduk daerah di seberang sungai Yordan sampai ke Yerusalem, Batane, Helus dan Kadesy hingga sungai Mesir dan kota Tafne, Raamses serta seluruh daerah Gosyen

Ydt 1:10 sampai ke sebelah sana kota Tanis dan Memfis, pendeknya kepada segenap penduduk negeri Mesir hingga ke perbatasan Etiopia.

Ydt 1:11 Tetapi semua penduduk segala negeri itu menghina titah Nebukadnezar, raja orang-orang Asyur. Mereka tidak mau maju perang sertanya dan tidak takut kepadanya. Sebaliknya ia dipandang mereka sebagai orang sembarangan saja. Utusan-utusan Raja Nebukadnezar dikembalikannya dengan tangan hampa dan ternista.

Ydt 1:12 Maka sangat marahlah raja Nebukadnezar kepada semua negeri itu. Demi takhta serta kerajaannya raja bersumpah bahwa hendak menghukum serta menumpas dengan pedangnya segala daerah Kilikia, Damsyik dan Siria, dan demikianpun negeri Moab, bani Amon, seluruh Yudea serta semua orang Mesir sampai daerah kedua laut.

Ydt 1:13 Dengan seluruh angkatan perangnya raja Nebukadnezar mengikat perang melawan raja Arfaksad dalam tahun ketujuh belas. Raja Arfaksad digagahinya dalam pertempuran dan segenap bala tentaranya, yaitu seluruh pasukan berkuda serta kereta perangnya dipukulnya mundur.

Ydt 1:14 Raja Nebukadnezar menaklukkan semua kota lalu maju sampai ke kota Ekbatana. Menara-menara kota itu direbutnya, jalan-jalannya dirampasinya dan kemuliaannya dirobahnya menjadi nista.

Ydt 1:15 Raja Arfaksad sendiripun ditangkapnya di pegunungan Ragau, lalu ditikamnya dengan lembing dan dibasminya hingga hari ini.

Ydt 1:16 Kemudian raja Nebukadnezar sendiri serta seluruh pasukannya, suatu jumlah prajurit yang besar sekali, kembali ke Niniwe. Selama seratus dua puluh hari raja Nebukadnezar serta bala tentaranya bersukaria dan berpestapora di sana.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More