Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 12

Ydt 12:1 Lalu Holofernes mempersilakan mengantar Yudit ke tempat perkakas peraknya disimpan. Disuruhnya sajikan kepadanya dari hidangan-hidangannya sendiri dan beri minum dari air anggurnya sendiri.

Ydt 12:2 Tetapi berkatalah Yudit kepadanya: "Hamba tidak boleh makan dari padanya, nanti hamba menjadi batu sandungan. Apa yang hamba bawakan memadai hamba."

Ydt 12:3 Lalu kata Holofernes kepadanya: "Kalau nanti persediaan yang ada padamu itu sudah habis, dari mana gerangan dapat kami berikan yang sama kepadamu? Sebab pada kami tiada seorangpun dari bangsamu."

Ydt 12:4 Sahut Yudit kepadanya: "Demi tuan hidup, ya tuanku, sahaya ini tidak akan menghabiskan persediaan yang ada pada hamba ini, sebelum dengan perantaraan hamba ini Tuhan lakukan apa yang telah direncanakan-Nya."

Ydt 12:5 Kemudian Yudit diantar oleh para pejabat Holofernes masuk ke dalam kemah dan tidurlah ia hingga tengah malam. Pada waktu jaga pagi ia bangun.

Ydt 12:6 Lalu disuruhnya katakan kepada Holofernes: "Sudilah tuanku memerintahkan, supaya sahaya ini dibiarkan keluar untuk bersembahyang."

Ydt 12:7 Holofernespun lalu memerintahkan kepada pengawal pribadinya, perkemahan dan tiap-tiap malam keluarlah ia ke jurang Betulia dan mandi di sumber dekat pada pos penjagaan.

Ydt 12:8 Setelah naik kembali berdoalah ia kepada Tuhan, Allah Israel, semoga Ia meratakan jalan-Nya guna kemuliaan orang-orang umat-Nya.

Ydt 12:9 Setelah bersuci Yudit kembali dan tinggal di kemahnya hingga di petang hari dibawakan rezekinya.

Ydt 12:10 Maka terjadilah pada hari keempat Holofernes mengadakan perjamuan minum-minum untuk para hambanya semata-mata. Dari antara para pegawai lainnya tidak seorang juapun diundang olehnya.

Ydt 12:11 Berkatalah Holofernes kepada sida-sida Bagoas, pengurus keperluan pribadinya: "Pergilah dan ajaklah perempuan Ibrani yang ada padamu itu untuk datang kepada kami dan makan minum bersama dengan kami.

Ydt 12:12 Sebab sungguh memalukan bagi kami apabila kami membiarkan perempuan serupa itu pergi tanpa beramah-tamah dengannya. Kalau kami tidak berhasil membujuk dia, niscaya kami akan ditertawakan."

Ydt 12:13 Bagoaspun lalu pergi dari hadapan Holofernes. Datanglah ia menghadap tuanku untuk mendapat kehormatan dari padanya dan minum-minum air anggur dan beriang-riang bersama dengan kami lalu pada hari ini juga menjadi seperti anak perempuan Asyur yang tinggal di istana Nebukadnezar."

Ydt 12:14 Sahut Yudit: "Siapa gerangan aku ini sampai menentang tuanku? Bahkan bergegas-gegas hendak kuperbuat apa saja yang dipandang baik olehnya. Hal sedemikian itu akan menjadi sukacita bagiku hingga saat ajalku."

Ydt 12:15 Maka bangkitlah ia lalu berdandan dengan kainnya serta segala perhiasan perempuan. Dalam pada itu dayangnya pergi diperolehnya dari Bagoas guna keperluan sehari untuk berbaring atasnya sambil makan -- di tanah di hadapan Holofernes.

Ydt 12:16 Kemudian Yudit masuk ke dalam dan mengambil tempat. Adapun berahinya. Ia ingin sekali bersatu dengannya. Memang sejak hari

Ydt 12:17 Berkatalah ia kepada Yudit: "Minumlah dan bersuka-sukalah bersama-sama dengan kami."

Ydt 12:18 Sahut Yudit: "Hamba mau minum, tuanku, sebab hari hidup hamba ini lebih menyenangkan dari semua hari lain seumur hidup hamba."

Ydt 12:19 Lalu Yudit mengambil apa yang disediakan sahayanya dan makan minum di hadapan Holofernes.

Ydt 12:20 Holofernes bergembira atas Yudit dan minum amat banyak air anggur. Bahkan sebanyak itu belum pernah diminumnya pada satu hari sepanjang seluruh umur hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More