Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 14

Ydt 14:1 Lalu Yudit berkata kepada mereka: "Dengarkanlah sekarang aku ini, saudara-saudara! Ambillah kepala ini dan gantunglah di bagian atas tembokmu.

Ydt 14:2 Segera setelah fajar menyingsing dan matahari terbit atas bumi ambillah masing-masing segala senjatanya. Tiap-tiap orang laki-laki yang mampu harus keluar dari kota -- kamu juga harus mengangkat seorang pemimpin bagi mereka -- seolah-olah mau turun ke dataran menuju pos penjagaan depan dari orang Asyur. Tetapi jangan sungguh-sungguh turun.

Ydt 14:3 Mereka itupun lalu akan mengambil perlengkapannya, pergi ke perkemahan dan membangunkan para panglima bala tentara Asyur. Mereka akan berkerumun di dekat kemah Holofernes, tetapi tidak akan mendapati dia. Mereka akan dihinggapi ketakutan dan lari dari hadapan kamu.

Ydt 14:4 Kamu serta segala penduduk wilayah Israel hendaklah mengejar mereka serta menewaskannya di manapun juga.

Ydt 14:5 Tetapi sebelum kamu berbuat demikian panggillah aku Akhior, orang Amon itu, agar ia melihat dan mengenal orang yang telah menghina kaum Israel dan mengirimkan Akhior kepada kita seperti ke dalam maut."

Ydt 14:6 Maka Akhior dipanggil dari rumah Uzia. Ketika tiba dan melihat kepala Holofernes di tangan seseorang di tengah himpunan rakyat itu maka rebahlah Akhior tengkurap dan jatuh pingsan.

Ydt 14:7 Setelah diangkat mereka ia merebahkan diri pada kaki Yudit dan bersujud di hadapannya seraya berkata: "Diberkatilah engkau di dalam setiap kemah Yehuda, dan di tengah-tengah segala bangsa. Barangsiapa mendengar tentang namamu akan kaget.

Ydt 14:8 Dan sekarang hendaklah engkau memberitahukan kepadaku, apa yang telah kauperbuat selama hari-hari akhir ini." Yuditpun lalu menceritakan kepadanya di tengah-tengah rakyat segala sesuatunya yang telah dilakukannya sejak hari ia keluar hingga saat ia kini berbicara dengan mereka.

Ydt 14:9 Ketika Yudit berhenti berbicara maka bersorak-sorailah rakyat dengan suara lantang dan bergemalah pekik kegembiraan di kotanya.

Ydt 14:10 Melihat semuanya yang telah dilakukan Allah Israel maka Akhior percaya dengan teguhnya akan Allah, lalu bersunat dan diterima ke dalam umat Israel hingga hari ini.

Ydt 14:11 Ketika fajar menyingsing kepala Holofernes digantungkan pada tembok dan setiap orang laki-laki Israel mengambil senjata. Berpasukan-pasukan keluarlah mereka ke lereng-lereng gunung.

Ydt 14:12 Segera setelah orang Asyur melihat orang-orang itu dikirimkannyalah seorang kepada para perwira yang segera pergi kepada para panglima, kepada para kepala seribu orang dan para penguasanya.

Ydt 14:13 Datanglah mereka kepada kemah Holofernes dan berbicara dengan pengurusnya, katanya: "Bangunkanlah tuan kita, sebab budak-budak itu berani turun untuk bertempur dengan kita, kiranya untuk dibasmi sama sekali."

Ydt 14:14 Maka Bagoas masuk dan bertepuk tangan di muka tirai kemah itu. Sebab dikiranya Holofernes sedang tidur bersama dengan Yudit.

Ydt 14:15 Tetapi oleh karena tidak ada yang menjawab maka diselakkannya tirai itu lalu masuk ke dalam ruang tidur. Didapatinya Holofernes menggeletak di lantai serta kepalanya terpenggal.

Ydt 14:16 Maka menjeritlah ia dengan suara keras diiringi tangis, keluhan dan teriakan yang hebat. Lalu disobeknya pakaiannya.

Ydt 14:17 Kemudian ia masuk ke dalam kemah yang didiami Yudit tapi tidak didapatinya. Ia melonjak ke luar ke tengah-tengah rakyat seraya berteriak:

Ydt 14:18 "Budak-budak itu telah berkhianat. Satu perempuan Ibrani telah mendatangkan malu atas keluarga raja Nebukadnezar. Lihatlah, Holofernes telah rebah dan kepalanya tiada lagi."

Ydt 14:19 Mendengar ucapan itu para panglima Asyur mengoyakkan pakaiannya dan hati mereka sangat terperanjat. Jeritan serta teriakan mereka memengking dengan sangatnya di seluruh perkemahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More