Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 2

Ydt 2:1 Dalam tahun kedelapan belas pada tanggal dua puluh dua bulan pertama tersiarlah kabar di istana Nebukadnezar, raja orang-orang Asyur, bahwa raja hendak menghukum seluruh bumi, sebagaimana telah dikatakannya.

Ydt 2:2 Raja mengumpulkan semua pejabat serta pembesarnya, lalu mengadakan musyawarah rahasia dengan mereka. Raja sendiri memutuskan malapetaka bumi semesta.

Ydt 2:3 Para pejabat serta pembesarnyapun menetapkan pula bahwa semua orang yang tidak menuruti titah raja mesti dibasmi.

Ydt 2:4 Selesai musyawarah itu maka Nebukadnezar, raja orang-orang Asyur, memanggil panglima besar tentaranya, yaitu Holofernes, orang kedua sesudah raja.

Ydt 2:5 Berkatalah raja kepadanya: "Beginilah titah raja agung yang dipertuan di seluruh bumi: Camkanlah! Engkau harus pergi dari hadapanku dan membawa serta orang-orang yang percaya pada kekuatannya sendiri, yaitu pasukan jalan sampai seratus dua puluh ribu orang dan sejumlah besar kuda serta penunggang, sampai dua belas ribu orang.

Ydt 2:6 Engkau harus maju perang melawan seluruh wilayah barat, karena mereka telah memberontak terhadap titahku.

Ydt 2:7 Hendaklah kauperintahkan kepada mereka untuk menyediakan air dan tanah. Memang dalam amarahku aku hendak pergi melawan mereka serta membanjiri seluruh muka bumi dengan kaki bala tentaraku. Mereka akan kuserahkan kepada tentaraku untuk dirampasi.

Ydt 2:8 Jurang-jurang mereka akan dipenuhi dengan orang-orang yang berluka dan segala anak sungai akan penuh meluap-luap karena mayat mereka.

Ydt 2:9 Sebagai tawanan mereka akan kuangkut ke ujung-ujung seluruh bumi.

Ydt 2:10 Tetapi engkau harus pergi dahulu untuk menduduki seluruh wilayah itu bagiku. Setelah mereka menyerah kepadamu, maka mereka harus kaupelihara bagi diriku sendiri, hingga hari mereka akan kuhukum.

Ydt 2:11 Tetapi orang yang tetap memberontak janganlah disayangi matamu. Orang semacam itu harus kauserahkan untuk dibunuh dan dirampasi di seluruh wilayah kekuasaanmu.

Ydt 2:12 Sebab demi aku hidup dan demi kekuasaan kerajaanku, aku telah mengatakannya dan dengan tanganku sendiri akan kulaksanakan pula.

Ydt 2:13 Adapun engkau sendiri, janganlah melanggar satupun dari titah tuanmu, melainkan tepatilah seluruhnya seperti telah kutetapkan seluruhnya bagimu. Jangan berayal lagi melakukannya!"

Ydt 2:14 Maka pergilah Holofernes dari hadapan tuannya lalu dikerahkannya segala perwira, para panglima dan pemimpin bala tentara Asyur.

Ydt 2:15 Iapun membilang orang pilihan untuk ikatan perang, sebagaimana telah disuruh tuannya, yaitu seratus dua puluh ribu orang dan lagi dua belas ribu pemanah berkuda.

Ydt 2:16 Mereka diaturnya sebagaimana pasukan tempur diatur.

Ydt 2:17 Lalu diambilnya unta, keledai dan bagal yang besar sekali jumlahnya, untuk mengangkut barang tentara itu. Iapun mengambil domba, sapi dan kambing yang tak terbilang banyaknya guna perbekalan mereka.

Ydt 2:18 Selanjutnya diambilnya pelabur yang berlimpah untuk tiap-tiap orang dan sangat banyak emas perak dari istana raja.

Ydt 2:19 Kemudian Holofernes dan tentaranya itu maju perang dengan berpawai di hadapan raja Nebukadnezar. Mereka pergi untuk membanjiri seluruh wilayah barat dengan kereta-kereta perang, pasukan berkuda dan pasukan jalan pilihannya.

Ydt 2:20 Bersama dengan mereka berangkat pula sejumlah besar orang lain lagi yang seperti belalang dan pasir bumi banyaknya, sehingga jumlahnya tidak terbilang.

Ydt 2:21 Dari kota Niniwe mereka berangkat dan berjalan tiga hari lamanya melalui dataran Bektilet. Setelah melalui Bektilet berkemahlah mereka di dekat pegunungan yang membentang di sebelah utara Kilikia-Hulu.

Ydt 2:22 Kemudian Holofernes memberangkatkan seluruh bala tentaranya, yaitu pasukan jalan, pasukan berkuda dan kereta-kereta perangnya, dan dari sana memasuki daerah bergunung-
gunung.

Ydt 2:23 Daerah Fud dan Lud diretasnya dan semua bani Rasis dan Ismael yang tinggal di tepi padang gurun di sebelah selatan daerah Heleon dirampasinya.

Ydt 2:24 Selanjutnya menyeberanglah ia sungai Efrat, melintasi daerah Mesopotamia dan menyerang kota-kota berbenteng yang terletak di dekat sungai Abrona hingga pantai laut.

Ydt 2:25 Daerah Kilikia direbutnya dan dibunuhnya semua yang melawannya, lalu ia sampai di daerah Yafet di bagian selatan di dekat Arabia.

Ydt 2:26 Semua bani Midian dikepung olehnya, kemah-kemah mereka dibakar dan kandang-kandangnya dirampasi.

Ydt 2:27 Pada musim panen gandum turunlah ia ke dataran Damsyik; segala ladang mereka dibakarnya, kawanan ternak besar kecil dilenyapkannya, kota-kotanya dirampasinya, semua tegal mereka disapu bersih olehnya dan semua pemuda mereka ditewaskannya dengan mata pedang.

Ydt 2:28 Maka ketakutan serta kegentaran menghinggapi para penduduk pantai laut, para penghuni Sidon dan Tirus, para penduduk Sur dan Okina serta para penduduk Yamnia; para penduduk Asdod dan Askelonpun takut kepadanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More