Sabtu, 07 Mei 2011

Tobit 8

Tob 8:1 Selesai makan dan minum mereka mau pergi tidur semua. Pemuda itu diantar ke luar untuk masuk ke kamar tersebut.

Tob 8:2 Maka ingatlah Tobia kepada perkataan Rafael. Diambilnya hati serta jantung ikan itu dari dalam buntilnya yang dibawanya, lalu ditaruhnya di atas bara pedupaan.

Tob 8:3 Harum ikan itu mengganggu setan itu, yang segera lari ke daratan tinggi Mesir. Adapun Rafael pergi mengikat kakinya dan segera dikebatnya juga.

Tob 8:4 Maka keluarlah semua orang dari kamar itu dan pinunya dikunci. Kemudian Tobia bangkit dari tempat tidur dan berkata kepada Sara: "Bangunlah, adinda, mari kita berdoa dan mohon kepada Tuhan kita, semoga dianugerahkanNya belas kasihan serta perlindungan.

Tob 8:5 Maka bangunlah Sara dan mereka berdua dan mohon, supaya mereka mendapat perlindungan. Mereka angkat doa sebagai berikut: Terpujilah Engkau, ya Allah nenek moyang kami, dan terpujilah namaMu sepanjang sekalian abad. Hendaknya sekalian langit memuji Engkau dan juga segenap ciptaanMu untuk selama-lamanya.

Tob 8:6 Engkaulah yang telah menjadikan Adam dan baginya telah Kaubuat Hawa isterinya sebagai pembantu serta penopang; dari mereka berdua lahirlah umat manusia seluruhnya. Engkaulah bersabda pula: Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja, mari Kita menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.

Tob 8:7 Bukan karena nafsu birahi sekarang kuambil saudariku ini, melainkan dengan hati yang benar. Sudilah kiranya mengasihani aku ini dan dia dan membuat kamu menjadi tua bersama."

Tob 8:8 Serentak berkatalah mereka: "Amin! Amin!"

Tob 8:9 Kemudian mereka tidur semalam-malaman.

Tob 8:10 Tetapi Raguel bangun dan dipanggilnya beberapa bujangnya yang pergi menggali kubur. Sebab Raguel berpikir: "Tidak boleh tidak Tobia mati. Nanti kami menjadi tertawaan dan orang ternista!"

Tob 8:11 Selesai menggali kubur itu Raguel masuk rumah dan dipanggilnya isterinya.

Tob 8:12 Katanya: "Suruhlah seorang sahaya masuk untuk melihat apa ia masih hidup. Kalau sudah mati kita kuburkan tanpa diketahui seorangpun."

Tob 8:13 Sahaya itupun lalu disuruh, lampu dipasang dan pintu dibuka. Masuklah sahaya itu dan didapatinya mereka tertidur dengan nyenyaknya.

Tob 8:14 Maka sahaya itu keluar dan diberitahukannya kepada Raguel serta isterinya bahwa Tobia masih hidup dan tidak terjadi apa-apa.

Tob 8:15 Maka mereka memuji Yang Berkuasa di sorga, katanya: "Terpujilah Engkau, ya Allah, dengan segala pujian yang murni, hendaklah Engkau dipuji untuk selama-lamanya.

Tob 8:16 Terpujilah Engkau, karena aku telah Kaugembirakan; apa yang kusangka tidak terjadi. Sebaliknya kami telah Kauperlakukan menurut belas kasihMu yang besar.

Tob 8:17 Terpujilah Engkau, karena kedua anak tunggal itu telah Kaukasihani. Berilah mereka, ya Tuhan, belas kasihan dan perlindungan, dan biarlah mereka meneruskan hidup mereka dengan senang dan belas kasihan!"

Tob 8:18 Kemudian disuruhnya bujang-bujang itu menimbus kubur itu sebelum fajar menyingsing.

Tob 8:19 Raguel menyuruh isterinya membuat banyak roti. Ia sendiri pergi ke kawanan dan diambilnya dua lembu jantan dan empat domba jantan yang disuruhnya disediakan. Maka mulai orang dengan persiapan.

Tob 8:20 Kemudia Raguel memanggil Tobia dan berkata kepadanya: "Selama empat hari ini sekali-kali tidak boleh engkau berangkat dari sini, melainkan engkau harus tinggal disini untuk makan dan minum. Engkau mesti menggembirakan hati anakku yang telah sedih pedih.

Tob 8:21 Kemudian barulah dapat engkau mengambil dari milikku di sini dan pulang dengan selamat kepada ayahmu. Separuh lainnya dari milikku menjadi kepunyaanmu juga setelah aku serta isteriku meninggal. Tetapkanlah hatimu, nak! Akulah bapamu dan Edna ibumu. Kami menjadi kerabat dengan engkau seperti kami kerabat dengan saudarimu, mulai sekarang sampai selama-lamanya. Tetapkanlah hati, nak!"

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More