Sabtu, 07 Mei 2011

Tobit 4

Tob 4:1 Pada hari itu juga Tobit ingat kepada uang yang pernah dititipkannya pada Gabael di Ragai di negeri Media itu.

Tob 4:2 Lalu ia berpikir: "Aku sudah sampai meminta kematian bagi diriku. Mengapa gerangan tidak kupanggil anakku Tobia untuk kuberi petunjuk mengenai uang itu sebelum aku meninggal?"

Tob 4:3 Maka dipanggilnya anaknya Tobia yang segera datang juga. Lalu kata Tobit: "Nak, apabila aku sudah mati nanti, kuburkanlah aku sebagaimana mestinya. Hormatilah ibumu dan jangan kautinggalkan sepanjang umur hidupnya. Lakukanlah apa yang menyenangkan hatinya dan jangan hatinya kausedihkan dengan kelakuanmu.

Tob 4:4 Ingatlah, nak, bahwa oleh karena engkau telah ditanggungnya banyak bahaya, yaitu waktu engkau masih dalam kandungannya. Setelah ibumu meninggal, kuburlah di sampingku dalam satu kubur.

Tob 4:5 Nak, ingatlah juga kepada Tuhan; sepanjang umur hidupmu jangan sampai berdosa dan melanggar perintah-perintahNya. Hendaklah berbuat baik sepanjang hidupmu dan jangan menempuh jalan kelaliman.

Tob 4:6 Sebab orang yang menjalankan kebenaran akan berhasil dalam segala usahanya,

Tob 4:7 sebagaimana halnya dengan semua orang yang berbuat baik. [Berilah sedekah dari harta milikmu. Matamu jangan menyesal apabila engkau memberikan sedekah. Muka jangan kaupalingkan dari seorang miskin, niscaya wajah Allahpun tidak akan dipalingkan dari padamu.

Tob 4:8 Berikanlah sedekah sesuai dengan besarnya kekayaanmu. Jika engkau hanya mempunyai sedikit, jangan takut memberikan sedekah seadanya.

Tob 4:9 Dengan jalan itu kautimbun simpanan bagi dirimu untuk masa darurat.

Tob 4:10 Memang sedekah melepaskan dari maut dan tidak membiarkan orang masuk ke dalam kegelapan.

Tob 4:11 Sedekah merupakan persembahan yang baik di hadapan Yang Mahatinggi bagi semua orang yang memberikannya.

Tob 4:12 Nak, jauhilah percabulan. lebih-lebih ambilah isteri keturunan nenek moyangmu. Jangan mengambil isteri luar yang tidak berasal dari suku ayahmu. Sebab kita ini adalah keturunan para nabi -- Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, nenek moyang kita dari abad-abad yang lampau -- Ingatlah, nak, bahwa mereka mengambil isteri dari kaum kerabat mereka sendiri. Maka mereka diberkati dalam anak-anaknya. Ingatlah pula bahwa keturunan mereka akan
mewarisi tanah yang telah dijanjikan Tuhan.

Tob 4:13 Oleh sebab itu, nak, cintailah sanak saudaramu dan jangan meninggikan hatimu terhadap sanak saudaramu serta anak-anak lelaki dan perempuan bangsamu, sehingga engaku enggan mengambil isterimu dari kalangan mereka. Sebab di dalam kecongkakan terletak kebinasaan dan banyak kegelisahan, dan dalam kemalasan terletak kepapaan dan kekurangan besar. Memang kemalasan adalah ibu kelaparan.

Tob 4:14 Janganlah upah orang manapun yang bekerja padamu sampai bermalam padamu. Sebaliknya bayarkanlah segera kepadanya. Apabila engkau mengabdi kepada Allah, niscaya engkau mendapat ganjaran. Berjaga-jagalah, nak, dalam segala pekerjaanmu dan hendaklah berlaku sebagai seorang yang terdidik baik dalam segenap tingkah lakumu.

Tob 4:15 Apa yang tidak kausukai sendiri, janglah kauperbuat kepada siapapun. Jangan minum anggur sampai mabuk dan kemabukan jangan menyertai dirimu di jalan.

Tob 4:16 Dari makananmu sendiri berikanlah kepada yang lapar dan dari pakaianmu sendiri kepada yang telanjang. Apa yang berlebih-lebihan padamu berikanlah sebagai sedekah; dan matamu jangan menyesal apabila engkau memberikan sedekah.

Tob 4:17 Sajikanlah dengan berlimpah-limpah makanan di atas kubur orang benar, tetapi jangan kauberikan kepada orang-orang berdosa.

Tob 4:18 Mintalah setiap nasehat dari setiap orang yang arif dan jangan kauhina nasehat yang bermanfaat.

Tob 4:19 Pujilah Tuhan Allah setiap waktu dan mintalah kepadaNya, supaya segala jalan hidupmu menjadi lurus dan supaya segala usaha serta rencanamu berhasil baik. Sebab tiada bangsa satupun mempunyai nasehat], melainkan segala nasehat yang baik diberikan oleh Tuhan. Tetapi kalau Tuhan mau maka Ia merendahkan sampai ke lubuk dunia orang mati, sebagaimana yang dikehendakiNya. Dan kini, nak, ingatlah kepada segala petunjukku dan jangan sampai terhapus dari hatimu.

Tob 4:20 Oleh sebab itu, nak, aku hendak memberitahukan kepadamu tentang sepuluh talenta perak yang telah kutitipkan pada Gabael bin Gabria di Ragai di negeri Media.

Tob 4:21 Jangan takut-takut, nak, oleh karena kita sudah jatuh miskin. Memang harta milikmu banyak, apabila engkau takut akan Allah dan menjauhkan diri dari setiap dosa lagi melakukan apa yang berkenan pada Tuhan Allahmu."

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More