Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 4

Ydt 4:1 Adapun orang Israel yang diam di daerah Yudea mendengar tentang kesemuanya yang dilakukan Holofernes, panglima besar Nebukadnezar, raja Asyur, kepada semua bangsa. Mereka mendengar juga bagaimana tempat-tempat suci dirampasi olehnya dan diserahkan untuk dibasmi.

Ydt 4:2 Maka mereka sangat ketakutan kepadanya dan gelisahlah mereka oleh karena Yerusalem dan Bait Allah, Tuhan mereka.

Ydt 4:3 Sebab belum lama berselang mereka kembali dari pembuangan dan baru saja seluruh umat Yudea berhimpun lagi. Lagipula baru saja perkakas suci, mezbah dan Bait Allah ditahirkan dari pencemaran.

Ydt 4:4 Dari sebab itu mereka mengirimkan kabar ke seluruh daerah Samaria, ke kota Kona, Bet-Horon, Belmain dan Yerikho dan juga ke kota Hoba, Aisora dan Lembah Salem.

Ydt 4:5 Puncak gunung-gunung yang tinggi diduduki dan semua kampung yang ada di situ ditemboki dan ditaruhlah di dalamnya perbekalan untuk menyiapkan perang. Sebab tegal-tegal baru saja dituai panenannya.

Ydt 4:6 Imam besar Yoyakim yang pada waktu itu menjabat di Yerusalem menulis juga surat kepada penduduk Betulia dan Betomestaim, yang letaknya berhadapan dengan Esdrelon di muka dataran besar di dekat Dotaim.

Ydt 4:7 Mereka diperintahkannya, supaya menduduki sela-sela pegunungan, sebab jalan masuk ke Yerusalem melalui di situ. Adalah mudah menghalangi orang mendaki, sebab jalan-jalan masuk itu sempit dan paling-paling untuk dua orang.

Ydt 4:8 Maka orang-orang Israel berbuat sebagaimana diperintahkan kepada mereka oleh imam besar Yoyakim dan Majelis Tertua seluruh kaum Israel yang berkedudukan di Yerusalem.

Ydt 4:9 Semua laki-laki Israel berseru kepada Allah dengan asyik sekali dan juga merendahkan diri dengan sangat asyiknya.

Ydt 4:10 Mereka sendiri, isteri serta kanak-kanak mereka, juga ternak, segala perantau, orang upahan dan budak belian mereka mengenakan kain kabung pada pinggangnya.

Ydt 4:11 Semua laki-laki, perempuan dan anak Israel yang diam di Yerusalem, meniarap di depan Bait Allah, menaburi kepalanya dengan abu dan membentangkan kain kabungnya di hadapan Tuhan.

Ydt 4:12 Juga mezbah diselimuti dengan kain kabung. Dalam pada itu mereka sehati berseru dengan asyiknya kepada Allah Israel, supaya Ia jangan menyerahkan kanak-kanak mereka untuk dirampas, isteri mereka untuk dijarah, kota milik-Nya sendiri untuk dibinasakan dan Bait Suci untuk dicemarkan dan dinistakan, sehingga bangsa-bangsa lain bersenang hati.

Ydt 4:13 Seruan mereka didengarkan oleh Tuhan yang dengan kasihan memandang kesesakan mereka. Beberapa hari lamanya umat di seluruh Yudea berpuasa dan juga di Yerusalem di hadapan Bait Suci Tuhan Yang Mahakuasa.

Ydt 4:14 Imam besar Yoyakim dan semua imam yang menyelenggarakan kebaktian di hadapan Tuhan dan semua orang yang berbakti kepada Tuhan dengan disabuki kain kabung, mempersembahkan korban bakaran tetap serta doa dan sumbangan sukarela dari rakyat.

Ydt 4:15 Abu tertabur di atas serban mereka. Dengan sekuat tenaga berserulah mereka kepada Tuhan, semoga Tuhan mengunjungi seluruh kaum Israel dengan kebaikan hati-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More