Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 15

Ydt 15:1 Ketika orang-orang yang masih berada di kemah mereka mendengar hal itu merekapun kebingungan atas kejadian itu.

Ydt 15:2 Mereka dihinggapi ketakutan dan kegentaran dan tidak ada satu orangpun masih tinggal bersama dengan kawannya. Mereka sekalian bercerai-berai dan lari menempuh semua jalan di dataran dan di daerah pegunungan.

Ydt 15:3 Mundur pulalah mereka yang berkemah di pegunungan di keliling kota Betulia. Kini orang Israel -- tiap-tiap prajurit mereka -- menyerbukan diri kepada orang-orang Asyur.

Ydt 15:4 Uziapun mengirimkan juga orang ke Betomastaim, Bebai, Hobai, Kola dan ke seluruh wilayah Israel dengan kabar tentang apa yang telah terjadi dan dengan pesan, bahwa semua harus menyerbukan diri kepada musuh untuk menumpas mereka.

Ydt 15:5 Mendengar hal itu semua orang Israel menyergap orang-orang Asyur dan dipukulnya mundur sampai ke Hoba. Demikianpun orang-orang dari Yerusalem dan dari seluruh daerah pegunungan menggabungkan diri, sebab mereka telah diberitahu tentang apa yang terjadi di perkemahan musuhnya. Pun pula orang dari daerah Gilead dan Galilea menggagahi musuh dengan pukulan yang hebat, hingga mereka sampai di kota Damsyik serta wilayahnya.

Ydt 15:6 Penduduk Betulia lain-lainnya menyergap perkemahan Asyur lalu merampasinya. Mereka memperoleh kekayaan besar.

Ydt 15:7 Adapun orang Israel yang kembali dari pertempuran merebut sisanya. Penduduk kampung-kampung dan dusun-dusun di daerah pegununganpun merampas pula rampasan yang besar, sebab bertumpah ruah sekalilah barangnya.

Ydt 15:8 Adapun imam besar Yoyakim dan Majelis Tertua Israel yang berkedudukan di Yerusalem datang untuk menyaksikan anugerah yang telah dilakukan Tuhan kepada Israel. Mereka datang juga untuk

Ydt 15:9 Setibanya mereka memberkati Yudit dan berkata kepadanya: "Engkaulah keluhuran Yerusalem, kebanggaan besar bagi Israel dan kemegahan besar bagi bangsa kita.

Ydt 15:10 Dengan tanganmu kaulakukan semuanya itu dan begitu kaudatangkan anugerah kepada Israel dan Allah berkenan kepadanya. Diberkatilah engkau oleh Tuhan Yang Mahakuasa sepanjang masa selama-lamanya." Maka seluruh rakyat menyahut: "Amin! Amin!"

Ydt 15:11 Seluruh rakyat merampoki perkemahan Asyur tiga puluh hari segala perabot perak, segala pembaringannya, semua batil serta bagalnya. Lalu kereta-keretanya dipasang dan dimuati juga dengan barang yang bertumpuk-tumpuk itu.

Ydt 15:12 Berkerumunlah semua perempuan Israel untuk melihat Yudit dan memberkatinya. Sebagian di antaranya mengadakan tari-tarian ranting-ranting di tangannya yang dibagi-bagikannya kepada semua perempuan yang ada sertanya.

Ydt 15:13 Ia sendiri dan juga teman-temannya mengenakan karangan daun zaitun lalu ia berjalan di depan seluruh rakyat sebagai pemimpin semua perempuan yang sedang menari berbaris. Semua orang laki-laki Israelpun mengikutinya dengan bersenjatakan lengkap dan dengan karangan-karangan dan lagu pujian.

Ydt 15:14 Maka Yudit membawakan lagu syukur yang berikut di hadapan seluruh Israel; seluruh rakyatpun ikut menyanyikan lagu itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More