Minggu, 05 Juni 2011

Yudit 10

Ydt 10:1 Maka berhentilah Yudit berseru kepada Allah Israel dan mengakhiri seluruh ucapan tadi.

Ydt 10:2 Bangkitlah ia dari bersujud dan dipanggilnya dayangnya. Kemudian ia turun ke rumah tempat biasanya ia tinggal pada hari-hari Sabat dan hari-hari raya.

Ydt 10:3 Dibukanya kain kabung yang sedang dipakainya, ditanggalkannya pakaian janda lalu mandi. Ia mengurapi dirinya dengan minyak wangi-wangian yang paling baik, dipatutkannya rambut kepalanya, ditaruhnya kulah-kulah di atasnya dan dikenakannya pakaian gembira yang dipakainya sewaktu suaminya Manasye masih hidup.

Ydt 10:4 Diambilnya kasut dan bersolek; dipasangnya kana, cincin, anting-anting dan segala perhiasannya. Maka ia tampak cantik sekali, sehingga membujuk mata semua orang laki-laki yang melihat dia.

Ydt 10:5 Lalu dayangnya diberinya sekirbat anggur dan sebuli-buli minyak dan diisinya sebuah kantung dengan tepung jelai, beberapa lempeng buah-buah kering dan beberapa buah roti yang halal. Segenap bekal itu dibungkusnya lalu diserahkannya kepada dayangnya.

Ydt 10:6 Kemudian mereka keluar menuju pintu gerbang kota Betulia dan didapatinya di situ Uzia dan orang tua-tua kota, yakni Habris dan Harmis.

Ydt 10:7 Melihat Yudit yang parasnya sudah berubah dan yang pakaiannyapun sudah berganti sangat tercengang-cenganglah mereka atas kecantikannya. Lalu berkatalah mereka kepada Yudit:

Ydt 10:8 "Moga-moga Allah nenek moyang kita menganugerahimu dan membuat rencanamu berhasil akan kebanggaan Israel dan keluhuran

Ydt 10:9 lalu berkatalah ia kepada mereka: "Perintahkanlah untuk membuka pintu gerbang kota bagiku, sehingga aku dapat keluar untuk melaksanakan apa yang telah kamu katakan kepadaku." Merekapun lalu memerintahkan kepada para pemuda untuk membuka pintu gerbang bagi Yudit, sebagaimana telah dimintanya.

Ydt 10:10 Merekapun berbuat demikian pula. Maka Yudit bersama dengan pelayannya keluar. Orang-orang kota itu mengikuti dia dengan pandangannya, hingga ia turun dari gunung dan sampai di lembah di mana ia tidak kelihatan lagi oleh mereka.

Ydt 10:11 Yudit serta pelayannya melanjutkan perjalanannya di lembah sampai terjumpai oleh pos penjagaan depan dari orang-orang Asyur.

Ydt 10:12 Mereka menahan Yudit lalu bertanya: "Pihak manakah engkau? Dari mana engkau datang dan ke mana engkau mau pergi?" Sahutnya: "Aku ini seorang perempuan Ibrani. Aku melarikan diri dari mereka, karena tidak lama lagi mereka akan diserahkan menjadi mangsa kamu.

Ydt 10:13 Aku ingin menghadap Holofernes, panglima besar bala tentaramu, untuk memberitahukan kebenaran kepadanya dan menunjukkan jalan yang harus ditempuh untuk menguasai seluruh pegunungan tanpa kehilangan satu orang atau satu jiwa yang hiduppun antara anak buahnya!"

Ydt 10:14 Mendengar perkataannya itu dan melihat roman mukanya -- memang ia sangat menakjubkan bagi mereka karena kecantikannya -- orang-orang Asyur itu berkata kepada Yudit:

Ydt 10:15 "Engkau sungguh telah menyelamatkan hidupmu dengan tergesa-gesa turun menghadap tuan kami. Silakan sekarang juga pergi ke kemahnya. Beberapa orang dari antara kami akan mengantarmu sampai mereka menyerahkan engkau ke tangan panglima kami.

Ydt 10:16 Bilamana engkau berdiri di hadapannya, jangan merasa takut. Beritahukanlah kepadanya sesuai dengan perkataanmu tadi, niscaya ia akan memperlakukan engkau dengan baik."

Ydt 10:17 Lalu dipilihnya seratus orang dari antara mereka, yang Holofernes.

Ydt 10:18 Maka dari seluruh perkemahan datanglah orang berkerumun, kemah. Sementara berdiri di luar kemah Holofernes hingga hal itu

Ydt 10:19 Tercengang-cenganglah mereka atas kecantikan Yudit dan mereka menakjubi orang-orang Israel karena dia. Berkatalah mereka satu sama lain: "Siapa gerangan akan menghina bangsa yang memiliki perempuan secantik itu di tengah-tengahnya? Dari sebab itu tidaklah baik meninggalkan seorang laki-laki saja dari antara mereka. Yang masih hidup kelak kiranya mengakali seluruh bumi!"

Ydt 10:20 Kemudian keluarlah beberapa jejenang dan semua pejabat

Ydt 10:21 Adapun Holofernes sedang berbaring di pembaringannya di bawah sebuah kelambu yang terbuat dari kain ungu muda dan berpakankan emas, perak, jamrut dan permata-permata yang indah.

Ydt 10:22 Para pejabat memberitahu Holofernes tentang Yudit. Maka Holofernes pergi ke bagian depan kemahnya, sementara lampu-lampu perak dibawa di depannya.

Ydt 10:23 Ketika Yudit tiba di hadapan Holofernes serta para pejabatnya, maka mereka sekalian takjub atas kecantikan parasnya. oleh hamba-hambanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More